10 Trik Keren Instagram yang Jarang Diketahui Orang

Siapa sih yang gak kenal instagram? Aplikasi yang dirilis pada 6 Oktober 2020 lalu ini telah menjadi layanan media sosial berbagi foto terbesar di dunia.

Salah satu alasan terbesar di balik kesuksesan tersebut adalah karena Instagram sangat mudah digunakan, terlebih layanan merupakan milik facebook, yang mana setiap penggunanya disarankan untuk menggunakan Instagram.

Untuk tetap unggul dalam persaingannya, Instagram tentu harus terus menambahkan fitur baru yang membuat layanan ini semakin rumit. Artinya, terdapat banyak fitur-fitur keren di Instagram yang disembunyikan dan hanya sebagian pengguna saja yang tahu cara mengaksesnya.

Buat kamu yang belum tahu, tenang saja. Artikel ini akan mengupas tuntas fitur-fitur keren di Instagram yang wajib kamu ketahui.

10 Trik Keren Instagram yang Jarang Diketahui Orang

1. Mendapat notifikasi postingan, reels, cerita dan siaran langsung dari orang favorit

Saat mengikuti sebuah akun di Instagram, kita tentu tidak ingin ketinggalan apa pun mengenai akun tersebut. Maka dari itu, Instagram kemudian menyediakan fitur untuk mengaktifkan notifikasi dari akun favorit.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu klik titik tiga di postingan akun yang kamu ikuti, kemudian pilih Turn on Post Notification. Kamu juga bisa masuk ke dalam profil akut tersebut, selanjutnya klik titik tiga yang ada di sudut kanan atas dan pilih Manage Notification. Kemudian tentukan notifikasi mana yang kamu butuhkan dari akun tersebut.

2. Mengubah font khusus di bio Instagram

Bio instagram merupakan salah satu hal yang membuat akun mu terlihat menarik untuk dikunjungi. Di sini, kamu dapat menambahkan emoji sesuka hati.

Selain itu, kamu juga diperbolehkan menambah font khusus ke bio Instagram namun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Caranya, cari situs yang menyediakan beragam font menarik. Lalu ketik bio Instagram yang kamu inginkan.

Selanjutnya, kamu akan menemukan teks bio Instagram dengan pilihan font khusus. Nah, pilihlah salah satu font yang menarik lalu salin dan paste di bio Instagrammu.

3. Menonaktifkan status aktivitas untuk pesan langsung

Beberapa waktu yang lalu, Instagram menambahkan fitur status aktivitas baru yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat kapan kamu terakhir kali online di dalam Pesan Langsung atau DM Instagram.

Fitur ini sangat mirip dengan fitur WhatsApp yang terakhir dilihat dan memungkinkan pengguna untuk melihat kapan kamu terakhir kali online.

Namun jika tidak menyukai fitur ini, kamu dapat mematikannya dengan pergi ke Profil. Kemudian pilih Option dan cari tulisan “Show Activity Status” lalu nonaktifkan.

Sama seperti di WhatsApp, fitur ini berjalan secara dua arah. Jika Anda tidak ingin orang lain melihat status aktivitas Anda dan menonaktifkan opsi ini, Anda juga tidak akan dapat melihat status aktivitas orang lain.

4. Menjadwalkan postingan

Untuk kamu yang sangat suka posting di feed instagram, fitur yang satu ini tentu akan sangat membantu. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Buffer dan Planoly.

Namun, fitur ini hanya tersedia untuk profil bisnis. Jadi, sebelum menggunakan fitur ini, kamu harus mengubah profil mu ke akun bisnis.

5. Stalking aman

Sebagian orang pasti memiliki keinginan untuk mengkepoin suatu akun di Instagram, seperti gebetan maupun mantan. Namun, kamu juga pasti memiliki rasa takut jika orang tersebut akan mengetahui dan menganggap kamu stalker. Apalagi jika tidak sengaja memencet tombol like.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa melihat foto-foto doi kok. Caranya, pergi ke halaman instagram doi. Kemudian ubah mode ponselmu menjadi mode pesawat atau airplane mode.

Dengan mode ini, ponsel kamu tentu tak akan memiliki akses internet. Jadi, tidak akan ada kesalahan seperti tidak sengaja memencet tombol like ataupun tidak sengaja mengikuti akun tersebut.

6. Menyembunyikan komentar spam

Saat mengunggah postingan di instagram, kita pasti pernah mendapat komentar dari akun promosi seperti obat diet dan peninggi badan.

Untuk menghilangkan komentar tersebut, kamu dapat menggunakan fitur Filter Comments. Caranya dengan buka Option lalu pilih Account. Kemudian pilih Privacy abd Security dan cari tulisan “Comments”.

Nah, setelah itu kamu bisa masukin kata-kata yang kurang berkenan, misal obat pelangsing atau yang lainnya.

7. Membuat teks pelangi di instagram stories

Fitur Instagram Stories telah mendapatkan banyak fitur yang berguna dan menarik selama beberapa tahun terakhir, salah satunya menulis teks pelangi (Rainbow Text).

Dengan menggunakan fitur ini, Instagram Stories tidak akan membosankan lagi karena setiap kata muncul dalam warna yang berbeda.

Caranya pun cukup mudah. Pertama, tulis teks yang kamu inginkan. Lalu ketuk dan pilih teks tersebut.

Kemudia pegang satu jari di salah satu warna hingga muncul gradien. Lalu pegang ujung lain dari kursor pada saat yang sama, dan gerakkan kedua jari kamu ke ujung yang berlawanan sampai teks kamu terisi dengan warna pelangi gradien.

8. Menyimpan Instagram strories orang lain

Saat melihat instagram stories orang lain, kita pasti memiliki keinginan untuk menyimpannya. Hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Story Saver.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kamu cukup login menggunakan akun instagrammu. Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan semua Stories yang ada di profile kamu. Kemudian, ketuk instagram stories yang ingin kamu unduh.

Untuk perangkat iOS, prosesnya sedikit berbeda. Pertama, kamu harus mengunduh aplikasi Story Reposter di iTunes. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mencari pengguna dengan nama pengguna Instagram mereka dan kemudian mengunduh cerita apa pun yang aktif di profil mereka.

9. Untag yourself from photos

Media sosial memiliki banyak cara untuk mempermalukan kita dan salah satu alat terbesar dalam arsenalnya adalah fitur foto yang ditandai. Teman kita dapat memberi tag pada foto memalukan yang mungkin tidak ingin dilihat orang lain. Karena itu, kamu lebih baik menghindar diri dari foto-foto itu.

Caranya, buka halaman profile kamu lalu ketuk tombol Photo. Kemudian pilih foto yang ingin kamu hapus tanda centangnya dan ketuk lagi untuk mengungkapkan nama pengguna kamu. Setelah itu, ketuk nama pengguna dan kamu akan mendapatkan opsi untuk membatalkan tanda centang pada diri sendiri. Di sini, kamu perlu memilih opsi “Remove Tag” dan dijamin tidak akan diberi tag untuk gambarnya.

10. Mendapat analytics gratis, call to actions, tombol email dan lainnya

Terakhir, Instagram memiliki fitur yang sangat bagus yang disebut Instagram Business yang sekali diaktifkan tidak hanya memberikan wawasan gratis ke analitik akun kamu, tetapi juga memungkinkan kamu untuk menambahkan tombol panggilan langsung dan email, mempromosikan posting Anda, dan banyak lagi.

Untuk melakukannya, cukup buka Profile lalu pilih Options. Kemudian ketuk opsi “Switch to Business“. Di sini, ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkan akun bisnis yang akan memberi akses ke semua fitur yang disebutkan di atas.

Nah, ternyata banyak sekali ya fitur-fitur keren yang disediakan oleh instagram. Kamu sudah aktifkan yang mana nih?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Merk Flasdisk Terbaik yang Paling Bagus dan Awet di Tahun 2024

10 Aplikasi Pemrograman Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Pengembangan Perangkat Lunak

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah di Hack