Kuis Interaktif di Platform Arkademi Dalam Menunjang Pembelajaran

 



Pendidikan adalah suatu kegiatan yang kompleks, berdimensi luas, dan banyak variabel yang mempengaruhinya. Sebagai suatu proses psikologis, pendidikan tak dapat dipisahkan dari proses belajar mengajar, dari prespektif mengajar, pelakunya adalah guru atau pendidik, ataupun pihak yang mendidik.

Kegiatan pembelajaran tidak hanya sekedar pemberian materi ataupun konsep-konsep yang strategis, tetapi juga harus memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan berkembangnya kemandirian siswa untuk belajar.

Salah satu hal terpenting yang dinginkan oleh siswa adalah mampu mempraktekkan apa yang Steffi Zamora dan anda ajarkan di dunia nyata dan memberikan dampak langsung, menjadi tempat berlatih memecahkan masalah nyata dengan solusi nyata adalah nilai terpenting kelas anda dan Arkademi.

Berlatih di Arkademi merupakan aktivitas utama yang menghubungkan relevansi materi pengajaran anda pada dunia nyata. Kuis di Arkademi tidak bersifat hafalan, namun menguji pemahaman, berlatih memecahkan masalah riil, kreativitas, dan Analisa pada sebuah skenario utama.

Kuis merupakan konten yang memfasilitasi siswa untuk berlatih pada materi yang telah diajarkan. Salah satu hal terpenting bagi siswa Arkademi adalah membuat mereka terlatih dalam memecahkan masalah nyata dengan solusi yang nyata dan mampu memberi dampak pada kehidupan sehari-hari.

Kuis interaktif ini merupakan penggabungan dari metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas yang dikemas dalam suatu permainan kuis. Permainan seperti ini memberikan kesempatan kepada pemain dan semua peserta bahkan penonton untuk melakukan upaya kreatif.

Pemberian kuis merupakan strategi yang diberikan oleh guru terhadap peserta didik dengan memberikan soal-soal pada proses pembelajaran yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan dengan dengan tujuan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.

Kuis di dalam kelas dapat menghasilkan manfaat yang positif pada ujian sumatif. Lebih spesifiknya, kuis dapat membantu keefektifan siswa mempelajari istilah dan konsep dasar dalam mata pelajaran tertentu. Pemberian kuis ini diharapkan dapat mendorong peserta didik dalam mempersiapkan diri di rumah untuk belajar sebelum masuk kelas. Dengan pemberian kuis akan diperoleh balikan atau feedback.

Tipe Kuis Arkademi

1. Pilihan berganda : Dalam kuis ini hanya terdapat 1 jawaban yang benar

2. Multi correct : Terdapat lebih dari 1 jawaban yang benar

3. Salah-benar : Pilihan jawaban hanya salah dan benar

Kuis dinilai atau dievaluasi secara otomatis oleh sistem Arkademi karena memiliki jawaban yang pasti atau ditentukan oleh mentor. Setiap kuis memiliki skor masing-masing yang besaran skornya bisa dibedakan menurut bobot pertanyaan atau seri.

Standar Kuis Arkademi

1. Pertanyaan yang disediadan dalam bentuk analisis kasus, pemecahan masalah, Analisa dan Tindakan dalam bentuk scenario nyata yang realistis

2. Jenis pertanyaan yang disajikan bukan bersifat hafalan

3. Relevan dengan materi yang diajarkan

4. Pilihan jawaban merupakan solusi nyata dan realistis, mengandung kemiripan antara satu dan lainnya

5. Dirancang agar siswa berlatih memecahkan masalah pada situasi nyata yang sangat mungkin dihadapinya

6. Setiap jawaban kuis harus disertai dengan penjelasan

7. Jumlah pertanyaan dalam 1 kuis adalah minimal 5 dan maksimal 10 soal

8. Jumlah opsi jawaban dalam pertanyaan pilihan ganda minimal 3 dan maksimal 5

9. Jumlah opsi jawaban dalam pertanyaan multi-correct adalah minimal 4 dan maksimal 6

10. Jawaban yang benar dalam pertanyaan multi-correct minimal 2, tidak boleh benar semua

11. Jumlah opsi jawaban dalam pertanyaan salah benar hanya 2, salah dan benar

12. Kuis tidak bisa digabungkan dengan Latihan dan tugas, begitu pula sebaliknya

Itulah ulasan tentang kuis interaktif lewat sebuah flatform bernama Arkademi, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Rekomendasi Merk Flasdisk Terbaik yang Paling Bagus dan Awet di Tahun 2024

10 Aplikasi Pemrograman Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas Pengembangan Perangkat Lunak

Cara Mengamankan Akun WhatsApp Agar Tidak Mudah di Hack